Tutorial ini menjelaskan secara bertahap tentang Bagaimana membuat Animasi dengan Flash plus tips dan tricknya ..
Tapi sebelumnya kita harus mengenal komponen didalam flash
MENU BAR
untuk mengatur berbagai fasilitas menu yang akan digunakan
1. Pada menu file terdapat perbagai fasilitas seperti membuat file baru, eksport movie & image, import objek kedalam stage ataupun library dsb.
2. Pada menu edit terdapat pengaturan yang berkaitan dengan frame, misalnya di menu timeline berisi menghapus, copy frame, Preferences dsb
3. Menu View, untuk menampilkan grid, ruler dsb.
4. Menu Insert, untuk memasukan Timeline, scene, motion tween, shape tween dsb.
5. Menu modify, untuk memodifikasi objek, bitmap, symbol, timeline, transform, align dsb.
6. Menu Text, untuk mengatur atribut teks berupa jenis Font, ukuran Style dsb.
7. Menu Command, untuk eksport ke format XML
8. Menu Control, untuk mengatur kontrol movie, menjalankan test movie dsb.
9. Menu Debug, untuk memeriksa apakah masih ada kesalahan pada flash yang sudah jadi
10. Menu Window, untuk mengatur Toolbar, Timeline, Tools dsb, yang akan di tampilkan atau tidak ditampikan pada interface,
11. Menu Help, untuk menampilkan Bantuan apabila terdapat kesulitan didalam menggunakan Adobe Flash
13. Eyedropper tool, untuk mengambil sample warna dari suatu objek.
14. Eraser tool, untuk menghapus objek
15. Hand tool, untuk menggeser posisi stage suai dengan yang diinginkan 16. Zoom tool, untuk membesarkan/ mengecilkan ukuran stage
17. Stroke Color, untuk mengatur warna stroke atau garis luar dari objek. 18. Fill color, untuk mengatur warna Fill objek
19. black and white, untuk mengatur warna fill & strok kewarna awal yaitu warna hitam & putih
20. Swap colors, untuk menukar warna Stroke dan warna Fill.
21. Snap To object, untuk membuat objek garis menjadi lurus, melengkung dsb.
22. Gradient transform tool, untuk mengatur posisi tampilan warna gradient
23. Oval tool, untuk membuat objek lingkaran
24. Rectagle primitive tool, untuk membuat objek kotak dengan sudut tompul/ melengkung.
25. oval primitive tool, untuk membuat lingkaran dan sekaligus dapat langsung dibelah lingkaran tersebut sesuai dengan keinginan.
26. Polystar tool, untuk membuat segi 5, dan juga bisa ditambah ataupun dikurang sudutnya sesuai dengan keinginan
27. Add anchor point, untuk menambah titik yang akan digunakan untuk membentuk objek
28. Delete anchor point, untuk menghapus titik yang akan membentuk objek
29. Convert Anchor Point, untuk membentuk objek sesuai dengan titik yang telah diberikan sesuai dengan keinginan
COLOR MIXER DAN LIBRARY
Digunakan untuk mengatur tampilan warna yang akan digunakan, disini ada beberapa tipe yaitu Solid, Linier, Radial & Bitmap. Khusus untuk Bitmap disini menggunakan gambar sebagai pewarnaannya, jadi gambar tersebut akan masuk ke dalam objek pengganti warna objek, sehingga objek akan berwarna sesuai dengan gambar yang dimasukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar