Rabu, 24 November 2010

Adobe Flash (Macromedia Flash)

Tutorial ini menjelaskan secara bertahap tentang Bagaimana membuat Animasi dengan Flash plus tips dan tricknya ..
Tapi sebelumnya kita harus mengenal komponen didalam flash

 MENU BAR
untuk mengatur berbagai fasilitas menu yang akan digunakan
1. Pada menu file terdapat perbagai fasilitas seperti membuat file baru, eksport movie & image, import objek kedalam stage ataupun library dsb.
2. Pada menu edit terdapat pengaturan yang berkaitan dengan frame, misalnya di menu timeline berisi menghapus, copy frame, Preferences dsb
3. Menu View, untuk menampilkan grid, ruler dsb.
4. Menu Insert, untuk memasukan Timeline, scene, motion tween, shape tween dsb.
5. Menu modify, untuk memodifikasi objek, bitmap, symbol, timeline, transform, align dsb.
6. Menu Text, untuk mengatur atribut teks berupa jenis Font, ukuran Style dsb.
7. Menu Command, untuk eksport ke format XML
8. Menu Control, untuk mengatur kontrol movie, menjalankan test movie dsb.
9. Menu Debug, untuk memeriksa apakah masih ada kesalahan pada flash yang sudah jadi
10. Menu Window, untuk mengatur Toolbar, Timeline, Tools dsb, yang akan di tampilkan atau tidak ditampikan pada interface,
11. Menu Help, untuk menampilkan Bantuan apabila terdapat kesulitan didalam menggunakan Adobe Flash
13. Eyedropper tool, untuk mengambil sample warna dari suatu objek.
14. Eraser tool, untuk menghapus objek
15. Hand tool, untuk menggeser posisi stage suai dengan yang diinginkan 16. Zoom tool, untuk membesarkan/ mengecilkan ukuran stage
17. Stroke Color, untuk mengatur warna stroke atau garis luar dari objek. 18. Fill color, untuk mengatur warna Fill objek
19. black and white, untuk mengatur warna fill & strok kewarna awal yaitu warna hitam & putih
20. Swap colors, untuk menukar warna Stroke dan warna Fill.
21. Snap To object, untuk membuat objek garis menjadi lurus, melengkung dsb.
22. Gradient transform tool, untuk mengatur posisi tampilan warna gradient
23. Oval tool, untuk membuat objek lingkaran
24. Rectagle primitive tool, untuk membuat objek kotak dengan sudut tompul/ melengkung.
25. oval primitive tool, untuk membuat lingkaran dan sekaligus dapat langsung dibelah lingkaran tersebut sesuai dengan keinginan.
26. Polystar tool, untuk membuat segi 5, dan juga bisa ditambah ataupun dikurang sudutnya sesuai dengan keinginan
27. Add anchor point, untuk menambah titik yang akan digunakan untuk membentuk objek
28. Delete anchor point, untuk menghapus titik yang akan membentuk objek
29. Convert Anchor Point, untuk membentuk objek sesuai dengan titik yang telah diberikan sesuai dengan keinginan
COLOR MIXER DAN LIBRARY
Digunakan untuk mengatur tampilan warna yang akan digunakan, disini ada beberapa tipe yaitu Solid, Linier, Radial & Bitmap. Khusus untuk Bitmap disini menggunakan gambar sebagai pewarnaannya, jadi gambar tersebut akan masuk ke dalam objek pengganti warna objek, sehingga objek akan berwarna sesuai dengan gambar yang dimasukan.

Introduction To Adobe Photoshop

1. WORKSPACE
- Menu toolbar, terdapat pada bagian atas persis di bawah menu-menu.
- Tools Pelettes, di dalamnya terdiri dari tools yang di gunakan untuk membuat dan mengedit gambar, artworks, bagian dan halaman, dan seterusnya. Tools yang berhubungan akan di kelompokan.
- Option bar, menampilkan opsi opsi atau pilihan untuk tools yang aktif.
- Document window, menampilkan file yang sedang kita kerjakan.
2. COLOR MODES AND MODELS
- HSB MODEL : berdasar pada persepsi manusia tentang warna. Pada mode ini semua warna dibagi menjadi 3 karakteristik : * HUE
                         * SATURATION
                         * BRIGHTNESS
- RGB MODEL : pewarnaan dengan memadukan 3 komponen dasar dari cahaya pada proporsi dan intensitas tertentu. Komponen ini disebut warna primer yaitu : Merah (red), hijau (green), biru (blue), yang di singkat dengan RGB
- CMYK MODEL : berbasis pada kualitas penyerapan cahaya dari pewarnaan tinta yang di cetak pada kertas. C(cyan) M(magenta) Y(yellow) K(black). WEarna CMYK disebut juga warna subtractive karena bila ketiga warna tersebut di gabungkan maka akan menghasilkan warna hitam.
- L*a*b MODEL : Berdasarkan pada LUMINANCE atau terang dari komponen (L) dan komponen a (hijau hingga merah) dan komponen b (biru hingga kuning).


Membuat Account Email

Sebelum dapat mengirim email, kita harus memiliki account email, boleh bayar ataupun yang gratis. Berikut akan di berikan cara pembuatan account email gratis dari Google :
1. Buka website Google (http://www.google.co.id). Akan tampil homepage google.
Untuk masuk ke website layanan email dapat mengklik tulisan gmail seperti pada gambar di atas.
2. Untuk mendaftar klik hyperlink "Sign up for Gmail".
3. Isikan berbagai informasi yang di butuhkan, seperti terlihat pada gambar.